Friday 28 June 2019

6 Hal-hal yang akan dilakukan kalau gue hamil lagi (nanti)

Haii peps,
Setelah mengamati dan berpikir mengenai ini, gue mau posting sesuatu mengenai hal-hal yang mungkin gue anggap sepele tapii gue menyesal tidak melakukan hal-hal tersebut pas hamil.wkwkwk

1. Menggunakan minyak atau hand body sebadan untuk mencegah stretch marks.

Yes people, you read it right! Stretch marks!
Mari gue cerita terlebih dulu yaa, duluu nih peps, gue cuma engeh kalau stretch marks ibu hamil cuma ada di perut. Terus gue cuma pakee doong di perut.

Alhasil?
Gue punya stretch marks di pantat, paha, betis, dan sedikit di dada.
Bikin minder atau bikin gasuka sama badan sendiri sih engga, sejujurnya semenjak hamil dan sadar gue naik 20 kilo dari sejak hamil, gue sudah mengikhlaskan biarpun tetep resolusi 2019 gue adalah memiliki badan layaknya galgadot.
Cuma, agak sedih aja yaa bergaris-garis dan membesar biarpun memang toh "wayahnya".

Source

Jadii untuk mencegah hal ini lebih parah, next kalau pas gue hamil lagi (nanti ajaa yaa yaa Allah kalo Rara udah 4 tahun) mungkin gue bisa jadi mandi pake handbody 😂😂😂

2. Membeli baju dan perlengkapan newborn dengan jumlah yang cukup.

Dulu nih yaa waktu hamil, semua orang yang gue temui bilang,
"Beli baju new born ga usah banyak banyak. Satu lusin cukup."
Turns out that, Rara badannya kecil dan hampir semua bajunya dia kegedean. Mana pernah pake drama baju abis alhasil pake baju yang gede-gede.

Source

Jadi incase dari umur 6 bulan kehamilan kalian udah dikasih tau kalau bayi kalian kecil, maka gue sangat menyarankan belilah baju dan perlengkapan newborn yang cukup, which in my case I need at least 2 lusin dan dengan catatan rajin mencuci baju bayi plus pake popok sekali pakai.

Percaya gak sampe umur hampir 4 bulan, baju new bornnya Rara kebanyakan masih muat?

3. Induksi itu sakit dan gak selalu berhasil, kalau besok-besok gue disuruh induksi, caesar aja yaa dok :)

Sebelum baca lanjutanannya, please di note gue bukannya tidak menganjurkan untuk berjuang melahirkan secara normal yaa...

Ah iyaa gue belum cerita detail soal persalinan gue yaa peps dipostingan ini?
Mangga dibaca proses lahiran Rara duluu yaa, gue cuma bisa bilang Alhamdulillah dipermudah mau gimana juga.
Rara lahir dengan cara di sesar setelah gue induksi 3 botol (makan waktu kurang lebih 24 jam).
That's why sejujurnya gue agak trauma kalau harus di induksi lagi.

Plus, bayar induksi 3 botol plus sesar itu lumayan.
Kaget? Waa yaa jelas tapi yang penting selamat dan bahagia :)

4. Kurangin nasi, mi, pasta, atau karbo lainnya.

Selama hamil, gue anaknya tepung banget yaa Allah. Paling suka udon.
Nasi porsinya melonjak tajam. Bayangin, gue gapernah abisin nasi seporsi sebelumnya. Begitu hamil besar?
Wah jangan sedih sob, udah makan nasi box aja bisa nambah.
Padahal dokter gue udah bilang, cuma butuh lebihan susu 1 gelas atau sekitar 300 kalori untuk gue waktu itu.

Gue gabilang kita gaperlu makan nasi atau karbo loh yah, hanya saja gue sadar betul waktu hamil kemarin gue kebanyakan makan karbo. Makan aja semuanya, tapi secukupnya dan bervariasi.
Atau kalau mau lebih pasti, mangga diskusi masing-masing sama dokter kalian yaa 😉

5. Paksa suami ikut kelas kehamilan, persalinan, dan kelas parenting.

Percayalah saudara-saudara, gue paham betapa beratnya beban suami. Kebayang ga sih suami gue kerja PP Karawang - Bandung tiap hari?
Berangkat abis subuh, pulang abis isya. Kalau lagi sial karena jalanan macet parah, sampe rumah bisa jam 12 malem.
Ga tega banget rasanya kalau masih minta tolong ini itu. Tapi emang hamil ini membatasi apa yang bisa gue lakukan. Gue gabisa angkut barang, kecapean, dan ngurus-ngurus ini itu.

Sumber: Instagram Parent Talk Id


Tapi percayalah para calon ayah/bapak/apalah sebutan kalian nantinya, meluangkan waktu buat belajar ini ngebantu kalian belajar menjadi support system yang baik.
Minimal kalian tau, kalau istri abis lahiran kudu ngapain, mana yang harus didahulukan, dan setidak-tidaknya kalian bisa menyamakan prioritas sama istri kalian dan menurut gue ini penting banget.

6. Mencari Doula.

Doula ini adalah pendamping profesional kalian selama masa hamil, persalinan, bahkan sampe ke pasca melahirkan.

Kenapa gue ngerasa butuh?
Ini sepertinya upaya yang harus gue lakukan dalam rangka membangun support system. Gimana caranya supaya rumah beres, rara kepegang, suami tetap happy dan bisa kerja dengan lancar.

Mengingat gue gamau membebani suami terutama secara pikiran, setidaknya ini yang menurut gue adalah solusi alternatif.
Sumber: Tirto.id
Tapi, memang doula profesional ini mihil sodara-sodara, setidaknya untuk kantong gue. Gue cuma berharap semoga pas butuh ada rezekinya. 😇



And yap, sepertinya itu deh yang akan gue lakukan selama hamil lagi (nanti aja tapi yaa Allah hamilnya).
Semoga ini bisa jadi cerita yang bermanfaat buat kalian yaa peps.

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??