Friday 14 December 2018

Being Random, Again.

Haii peps,
How are you?
Adakah yang sekarang lagi UAS?
Iyaa UAS baru saja berlalu biarpun masih menyisakan tugas. Alhamdulillah setidaknya dramanya usai yaa peps.

Postingan kali ini cuma sekedar curhat sih gimana hidup di semester ini.

Mari kita masuk ke bagian awal dulu yaa, kuliah apa ngapain dimana?

Okee in case kalian belum tau, sekarang gue kerja di Bandung. Dinas.
Enak? Heem nanti gue tulis deh enak ga enaknya di Dinas. Honorer kok, belum kepikiran jadi PNS disaat orang-orang, setidaknya disekitar gue lagi berjuang jadi PNS.
Good luck temen-temen! Semoga cepet jadi PNS yah, sungguh segala macam dinas sesungguhnya butuh PNS yang memang kompeten di bidangnya.

Emang yang sekarang jadi PNS ga kompeten?
Gue gatau sih gimana gimananya, cuma kenapa gue state "segala macam dinas butuh PNS yang memang kompeten di bidangnya" yaa karena emang dinas butuh pembaharuan generasi peps. Coba di kantor Dinas yang kalian tau, berapa umur PNS yang paling muda?
*moon map CPNS sama PNS yang baru masuk diangkat tahun ini ga diitung yah*

Balik ke topik, sebelum makin ngelantur, Dinas dan kuliah.
Iyaa nih berhubung kerjaan di kantor agak santai, akhirnya tahun kemarin gue daftar kuliah lagi. Alhamdulillah diterima di ITB dan masuk per semester genap tahun ini. Jadi gue mulai kuliah bulan Januari 2018.

Sejujurnya campur aduk rasanya kemarin karena pas udah diterima, eh ternyata hamil.
Alhamdulillahnya, anak ambu pintar sekali. Lahirannya pas bulan-bulan liburan sekolah. Yaa biarpun tetep 6 hari setelah lahiran gue kudu ke kampus, dosen pembimbing aja cuma bisa senyum tau gue udah punya anak berumur 6 hari waktu itu.

Terus kenapa?

Karena punya bayi adalah hal yang baru buat gue, sejujurnya gue merasa lemah.
Plus suami juga kerjanya dua shift, makin merasa lemah.
Dulu temen gue pernah bilang, kalau bisa lahiran di deket orang tua aja. karena kalau masih baru tuh pasti masih kaget.

Iyaa dan bener aja...

Kebayang ga sih kalau lo hidup cuma berdua sama suami, orang tua dimana, mertua dimana, terus orang tua sama mertua semuanya kerja?
Akhirnya gue memutuskan pake baby sitter. Mahal, tapi ini meringankan beban mental.

Apaan, beban mental?
Sejujurnya gue dilematis soal kuliah ini. Di ITB, untuk anak S2, gatau di FSTL doang atau semua sih, ga ada tuh istilah cuti.
Dari awal pun kaprodi bilang, "Kalau kamu udah berkeluarga gimana kalau hamil nanti? Maksimal 3 tahun di ITB."
Ahaha bener aja pas bapaknya bilang, gue ternyata lagi hamil tapi gue gatau.wkwk

Nah sejujurnya semester satu kemarin adalah semester yang bisa dibilang penuh pilu gara-gara tugas. Yaa satu sisi gue wajar sih, namanya kuliah. Satu sisi lagi, yaa gini amat sih.

Wajar? Wajar kok. Emang begitu.

Semester ini?
Dengan berbagai pertimbangan, gue akhirnya cuma ambil dua mata kuliah. Eh dilalah tugasnya lumayan juga. Ga banyak, cuma gue ada di fase gapaham mau apa, sampe beberapa waktu silam.

Inti tugas semester ini? Cuma bikin presentasi tugas besar.wkwk

Yang salah?
Heem, guenya sih.

Satu sisi, di semester ini gue sering merasa despite of having lot of assignment, lot of my friends managed to do everything well.
Me? Nah

Terus?

Iyaa guenya aja kadang yang ngerasa, ga produktif banget kalau soal nugas.
Kerja di kantor ngain sih gue? Sebut aja gue tim hore. Tapi yang namanya ngerjain tugas di kantor tuh engga mood banget. Alhasil? Yaa keteteran.
Tapi yaa peps, kalau lagi mumet, kadang suka aja kepikiran si a enak yaa, si b enak yaa. Seolah sikon yang salah.
Padahal yaa kalau dipikir-pikir lagi, we are all being in the same sikon. Cuma bungkusnya aja yang beda. Cuma tetep sedih aja ninggalin anak terus gara-gara tugas.

Whats keeping me going?
Yaa pertama, kaprodi gue pernah bilang dia ga akan nerima semua mahasiswa yang daftar kalau dia ga ngerasa orang yang dia terima mampu buat jadi lulusan prodi yang gue ambil. Semacam merusak nama baik kalau nerima orang kaya gitu. Jadi dengan segala ke recehan gue, kaprodi gue menganggap gue layak ada di prodi.

Terus hal kedua yang bikin gue tetep jalanin aja berjuang di ITB, adalah sesuatu yang agak bodoh untuk dijadikan alasan adalah marsnya ITB.
Gini liriknya,
Siapkan diri, teguhkan hati. Tegarkan tekad pribadi. Langkah dan karya, nyatakan pasti. Dambaan Ibu Pertiwi

Dari hari sidang senat terbuka a.k.a upacara penerimaan, gue denger lagu ini sekilas terus langsung ngebatin. Sesuah itu yaa untuk bertahan di ITB sampe marsnya aja gini...
Dan iyaa kata-kata itu yang selalu gue gumamkan setiap menghadapi tugas.

Terakhir, dan yang paling penting. Allah ga akan menguji hamba-Nya lebih dari kemampuan hamba-Nya. Jadi yaa jalanin aja sambil usaha.

Jadi intinya?

Intinya tuh peps, kemarin gue 36 jam melek. Bahkan lebih... beberapa menit.he
Di situ gue ngejar tugas, UAS, terus kejebak di kampus nunggu ujan reda, ambil motor, nyalon, pulang. Yang digaris bawahi, gue lagi sakit. Flu berat dan batuk tak kunjung reda.
Semalem gue ngitung total jam tidur itu 9 jam kurang sedikit dan sekarang sambil nulis, ngantuknya ranca banaaa.

Setelah menyelesaikan UAS kemarin, gue jadi makin berasa,
Yaa emang, kalo lo lagi kesusahan, Tuhan tau kok lo mampu. Jalanin aja dulu.
It's okay untuk belajar ikhlas dan menunda sesuatu selama yaa kalian tetep usaha nyelesein itu dan tau apa konsekuensinya menunda.
Support sistem itu penting, tapi bukan berarti kalian bisa relying on support system for 100%. Kalau kaliang ngerasa kalian ga punya support system yang baik, yaa cari yang baik. Selama tidak menyimpang dan ada di batasan norma, wajar ko.

In my case, gue gamungkin ngurus tugas di rumah atau di kantor.
Kenapa? Yaa karena ga semua orang paham tugas yang harus gue beresin.
yang bisa gue lakukan cuma memilah sikon dan membuat support system yang ada bekerja sebaik-baiknya untuk mengurangi "beban" yang harus gue tanggung.

Di rumah, yaa Alhamdulillah ada susternya Rara yang bisa gue percaya untuk jagain Rara selama gue bener-bener kelabakan ngurus hal lain. Suami juga Alhamdulillah mau bantu-bantu urus tugas rumah dan ga nuntut macem-macem.

Soal tugas?
Waa Alhamdulillah ada temen yang mau bantuin.

Ada aja jalannya tuh.

Makanya nih peps, incase kalian lagi ada yang harus dilakukan, coba diruntut dulu kudu ngapain dan mau gimananya. Kerjain pelan-pelan dan coba aja minta bantuan.hehe

Yang harus diingat adalah, badai pasti berlalu.

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??