Sunday 2 March 2014

Tips berpetualang di negri orang dan winter ala Java Princess (bagian pertama)




hola people, akhirnya gue memutuskan untuk mengeblog penuh di semi pagi hari yang ujan.
pagi ini, 5 derajat celcius daaan gue kebanyakan tidur.haha
berhubung gue udah sebulan tinggal di negara orang, gue rasa gue punya tiiipss untung berpetualang dan survive di negri orang di musim dingin...

bahasa inggris perlu, tapi yaah tetep bahasa asli negara dimana lo bakalan pergi penting.
logikanya gini, katanya bahasa inggris bahasa internasional kan?
nyatanya gasemua org lancar. bisa jadi lo juga ga lancar kan? gue termasuk.
nah believe me, orang luar negri juga.
*ps kecuali loo emang pergi ke negara yg bahasa ibunya inggris. itu mah anak bayi juga kata pertama udah bahasa inggris!

beli boots dan kebutuhan baju musim dingin di negara tujuan kalian.
yaap, ini emang common disarankan sama orang-orang.
ada yang gamau karena alesan lebih mahal lantaran nilai tukar rupiah gaseberapa, cuma manfaatnyaa kehidupan kalian lebih nyaman disini. kcuali kalo kalian emg cuma numpag lewat di negara bersalju macam 3 hari.

beli moisturaizer buat bibir, badan, bahkan tangan, shampo, sabun, conditioner di negara tujuan.
masih mikirin soal harga? heem gapapa kalo kalian pengen ngerasain kulit retak retak.

produk dengan spf atau sunscreen itu harus.
musim dingin masih perlu abir surya?
emang kalian pernah liat di musim dingin gada cahaya matahari? emang kalian pikir matahari takut sama musim dingin jadi ga bakalan ada dimusim dingin???

make up.
berhubung kulit gue sensitip daan disini kering banget (bahkan gada istilah melempem di sini), entah gimana ceritanya gue ngerasa ini berguna banget. di rumah apa di kos kosan gue ga pernah make alas bedak, disini manfaatnya berasa.
mungkin itu kenapa kita (orang indonesia) suka ngeliat bule itu doyan banget make make up.
secara gak langsung gue ngerasa ini nolong buat mencegah kulit lo makin kering. tapiii jangan dipake ketika kulit lo lagi gadalam kondisi yang baik.

tas ala pemancing itu nolong banget.
ini yang gue sebut dengan tas ala pemancing.
nah ini bakalan nempel terus dipinggang. sebaiknya tas macam ini lo isi dokumen penting macam pasport, tiket penerbangan, dan segala macam kartu dan uang yang lo punya.
kalo lo ke negara yang mata uangnya ga biasa dan gadijual di indonesia, mending bawa euro atau dolar ke negara tujuan lo.
begitu lo sampe, cari bank yang nerima nuker uang. tuker sebagian uang lo, seperlunya, dan masukin ke dompet.

isi dompet.
seperti yang gue sarankan di atas, mending punya 1 tas pinggang, ini menghindari kecopetan, dan 1 dompet lain, yang intinya kalo dompet lo yg ini kecopetan lo garugi.
isi dompet yang akan selalu lo bawa bawa itu id card. (ktp aja cukup atau kartu pelajar.
tinggalin deh kartu kartu lo di tas pinggang.) dan yang gaalah penting, uang dengan mata uang negara tujuan lo secukupnya aja.

jangan pernah ngelepas dompet.
haha ini sebenernya agak curhat. 2 hari lalu gue kecopetan. isi dompet gue, uang sekitar 200rb, kartu termasuk atm!, dan segala sim dan lain lain.
ngurusnya ribet loh ._.
ini sebenrny gue juga rada bego sih, gue naro dompet di plastik  di dalem plastik itu ada macem-macem plastik lagi (yang bakalan gue pake buat naro belanjaan) dan dompet gue.
jadi lah gue naro itu di keranjang belanjaan.
seinget gue, di barang ketiga gue belanja, plastik itu udah ga ada. coba tebak kapan gue engeh? di kasir. ya kan gue bego.
abis ini tuh lucu, seumur hidup gue naro dompet sama hp di keranjang, baru kali ini kecopetan.
untungnya, gue naro paspor dan punya kopian tiket pesawat buat pulang di tas yang lain. gue jg masih naro uang dan segala macem di tas lain.haha
jadi gue masih punya uang dan bisa survive 3 minggu lagi.

jangan suka ngebandingin uang yang lo abisin ke rupiah.
kalo gitu ceritanya, lo gabakalan nikmatin perjalan lo. yang penting hemat sebisa mungkin, pilih barang dengan harga yang paling rasiona.
ya misal, lo tau harga kopi rata-rata di tiap kafe sekitar 1 dola, yaudah jangan mau beli kopi yang harganya 10 dolar. itu mah elunya aja yang bego.

 heem gue masih bingung, rasanya banyak yang mauk gue tulis tapi lupa.haha
kalo gitu semoga keteu di tips musing dingin ke dua :D

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??