Friday 16 March 2012

Posting kedua mengenai awal kuliah

ini adalah posting kedua setelah postingan gue, yg entah jaman kapan dan entah menghilang kemana, mengenai fase awal kuliah.
berhubung gue ditanyain terus nih sama ade kelas gue menganai hal hal berbau kuliah jauh dan kosan... *oke ini menyindir secara halus. gue kuliah di tempat yang jauh dari peradaban. bahkan ayah bilang gue kuliah disuatu bagian di pulau jawa tengah yang belum merdeka dan masih dijajah jepang*

basically, ngekos itu ibarat koin. punya dua sisi. enak ga enak. yah so so lah...
apapun yang kalian lakukan selama ngekos yaa tetep punya dua sisi. enak gaenak. semua balik ke kalian gimana nanggepinnya.

pertama, soal keuangan.
boong abis kalo masalah keuangan bukan masalah. kebanyakan masalah, kedikitan masalah, bahkan pas pasan pun masalah.
gapercaya?
nih kita bahas yang pas pasan. kalian tuh ngekos yang jauh dr orang tua dimana uang kalian gadateng tiap hari dan tinggal minta gitu aja. uang datang dengan proses. proses menunggu tanggal muda ~~~
ketika kalian dikasih uang pas, terus tau tau satu tagihan membengkak. kalian harus mengorbankan kepentingan kalian yang lain dalam sisa waktu uang bulanan kalian sendiri.
jd misal mestinya makan bisa 7 ribu untuk sekali makan jd tinggal 5 ribu sekali makan.
yaelah cuma beda dua ribu, iya waktu kalian masih jd anak sma mungkin dua ribu bisa tinggal bujuk temen atau orang tua, "bagii seceeng please".
apa gamau ngakuu?huu gue jg pernah koo.
nah kalo ngekos? emang segampang itu minta ke orang tua? apa lagi orang lain.
jangan liat dari sisi seribu atau duaribunya. coba akumulasikan. sebulah 30 hari. sehari makan tarolah 2 kali. 60 kali makan selama sebulan dan kalian bakal kekurangan 2rb kali 60 kali makan. 180rb ciiin. apa namanya kalo galumayan?
sekarang buat yang kelebihan. kalian tau ga tujuan lain dr ngekos? belajar perihatin. kalo kalian dikasih lebih, pasti konsumsi kalian lebih banyak (emang tergantung orang sih, tp mostly gitu) nanti kalo kalian dihadapkan pada waktu dimana kalian lagi gaada pendonor uang, atau uang telat kirim *khususnya yg boros* bayangin aja sendiri gimana jdnya..
orang tua gamungkin telat ngirim, kan mereka pasti kepikiran sama kita
kata siapa? gue pernah telat 10 hari. untung uang bulan sebelumnya masih ada lebihan.
pernah gue pulang kerumah cuma megang 10 ribu. itu juga gara-gara ayah lupa kirim.
semua karena lupa. orang sibuk kan gada yg tau...
lalu yang terakhir, kekurangan. masih mau dibahas juga? gausah lah yah. gue yakin kalian paham.
orangtua pasti sebisa mungkin mencukupi, tapi tau diri itu penting.
gue yakin nanti ada kalanya kalian jd boros. awal ngekos sih gitu *biasanya*. kalo gue boros adalah masa ujian, dimana pulang ujian adalah waktunya mencari makan seenak enaknya.hehe
jujur aja sama orangtua kalian. Insyaallah mereka ngerti.
tapi...
 jangan sekali kali kalian memanfaatkan kepercayaan orangtua kalian buat hal yang engga engga...

kedua, soal kosan.
pastiin orang tua kalian tau dimana kalian ngekos.
introgasi aja yg punya kosan sebelum kalian memantapkan hati.
kalo emang kalian punya banyak waktu dan mau repot, lebih baik survey tempat kosan yang tampak depannya aja udah enak...
kalo misal k"katanya" enak tapi wujudnya engga yaudah amatilah dr berbagai sisi.
don't judge a book by it's cover.
ia, pepatah di atas emang bener. tapi belum tentu berlaku buat suatu rumah.
kalo kalian udah sreg yaudah disitu aja. entar keburu di serobot orang. yang pengen ngekos kan gacuma kalian.

ketiga, pilih pilih "teman"
oke ini aga kompleks. temenan ala kuliah itu aga beda sama temenan sma.
kenapa aga beda? soalnya di masa kuliah, apalagi yang mayoritas anak kos, sifat seseorang bisa berubah.
mungkin waktu sma dia di rumah, jd kepantau orang tua. nah kuliah? bebas kan?
contohnya kosan gue itu aja gada bapak kosnya. jd peraturan yang ada itu diatur dan dijalankan anak kos.
bukannya mau gimana gimana, but my friend found out somekind of contraception things in his dorm garbage. Naudzubillah himin dzaalik. how could that kind of thing used by unmarried couple?
temenan emang sama siapa aja. tapi gasemua tingkah dr temen kalian kudu diikutin.
godaan tuh banyak. apalagi buat kalian yang emang gampang kebawa arus. pilih "temen" yang bawa dampak positif buat kalian...
inget nyesel selalu dibelakangan.

keempat, keperluan dasar.
sebenernya ini udah ada dipostingan sebelumnya. tapi gatau kemana.doooh
buat yg kosannya perkamar dan lebih terkesan privat, dispenser perlu!
hanger buat kemur supaya efisien tempat. baju yg cukup. undiesnya jangaan lupa ~~~
buku buku, yah ini mah pdkt aja cooy ama kaka angkatan. jangan sombong sama mereka...
kaka angkatan itu bergunaaa sekali. ada apa apa soal kuliah kan bisa curhat ke yang lebih berpengalaman..
printer itu opsional. perlu, tp kan masih ada rental...
laptop atau komputer, gue mau bilang mutlak tp yah gimana yah. ini aga sulit, gue tau harga laptop turun. tapi banyak kan orang mw kuliah buat bayarnya aja susah. apa lg beli laptop. jd solusinya nebeng temen kos, atau ke rental.
buat yg punya laptop, modem jann lupaa cyiin.hehe
oia ini opsional tp perlu, tiker. gada yang tau 4 taun kedepan kalian ada acara apa. siapa tau perlu tiker.
perlengkapan nyuci baju.
perlengkapan makan.
perlengkapan mandi. dll deh.
gue tau ada beberapa kos yang menyediakan alat alat buat nyapu, ngepel, sama nyuci baju dan piring.
tapi karena gue suka kesel kalo nyari alat-alat buat nyapu aja susah, jd gue lebih prefer ke melengkapi kebutuhan gue sendiri. alhasil ini kosan macam rumah.hhe
tivi tivi? yah itu sih terserah. gue sih lebih memilih engga. soalnya kalo gue mengiyakan tv di kamer kos yang ada gue nonton. bukan belajar...

apa lagi yah... mungkin sih itu dulu.
intinya kalo ngekos itu kalian pasti tertuntut lebih bertanggung jawab sama diri kalian.
tapi jangan ngerasa tertuntut...
kalo gue suka bilang ke temen-temen sekoasan gue..
"kalian tuh bebas ngelakuin apa aja, tapi yaah anggap ada orang tua kalian"
artinya sih gini, mau kalian ngapain kek, itu sebenernya urusan kalian, tapi yg gue mau tuh kalo misal nih kalian mabok dalem kamer, berani ga pas ada orang tua kalian ke kosan kalian mabok?
kalo kalian ngapangapain dikamer sama pacar, berani ga begitu pas orang tua kalian?
jangan kaya orang urdu yang begitu ga diawasin langsung liar.
kalian kan statusnya mahasiswa yah, bukan anak kecil yg susah di atur dan gatau apapa.
pinterlah milih milih what is supposed to do, what is not supposed to do.


No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??