Friday 28 April 2017

Webiste Telkomsel di Hack?!

Selamat pagi dari andung Peps!

Baru banget saya dapet kabar dari temen kantor kalau website telkomsel di hack. Awalnya saya kita kalau telkomselnya yang di hack. Soalnya temen saya bilangnya gini, "Telkomsel di hack!"
Siapa yang ga kaget kan peps!

Sebagai salah satu penggunanya, dan bahkan semua anggota keluarga inti saya juga pake, tentunya saya kaget. Langsunglah saya search banget nget.
Hasilnya...
Wah deskripsi sama tittlenya heem...

Kaget? Iyalah jelas...
Galama saya kepo isinya dan 
Normal sih sejauh ini

Bisa dibuka sih, tapi saya ga berani login. Lemah. Scrolling ke bawah berita ini ada kaskus. Gercep banget emang itu kaskus tuh...

Di situ saya baca kalau websitenya sempet gabisa dibuka. Waktu kaskusernya nyoba pun yang muncul adalah gambar ini:
Sumbernya dari thread Kaskus ini
Yang gue pikirkan adalah, bingung dan takjub. Siapapun yang ngeretas web Telkomsel ini dengan maksud apapun bikin gue takjub.
As you can read yang diminta adalah murahin harga paket internet supaya bangsa Indonesia Maju. Hal lain yang gue garis bawahi untuk makan aja susah gimana mau beli kuota internet?

Satu sisi gue yakin si hacker ini cukup cerdas, tapi maaf banget kurang cerdas secara bersamaan. Jauh sebelum internet ada, bangsa lain yang dikenal berada di negara maju udah jelas dianggap jadi bangsa yang maju. Kenapa makin dibawa repot kalau makan aja udah susah? Kenapa uangnya ga dipake buat beli mkana daripada buat beli kuota?

Ga internetan toh ga mati kan? Mending beli makan. Dulu jaman gue ngekos pun daripada ga makan, mending beli paketannya entaran lagi aja. Sekarang juga udah kerja gitu. Makanan dulu baru kuota. Ngapain capek-capek kerja ngumpulin uang terus cuma buat kuota kan?

Ah skeptis lo. Ga realistis. Sekarang tuh orang apa-apa pake internet. Lo juga kerja ke kantor pake ojek online kan?
heem ada aja sih yang ngasih anggapan kayak gini. Gue emang pengguna internet. Sekarang contohnya, ngeposting postinan ini. Tapi peps, gue bukan yang maksa harus ada internet. Ga ada kuota buat pesen ojek online bisa naik angkot kok, nebeng temen, atau apalah banyak solusi lain. Ga bisa posting ini pun ga ada ruginya. Unless the part where gue sekarang cari uang sampingan via online, mulai dari blog sampe bikin online shop. Jelas gue perlu kuota. Tapi gue tau bener kalau nyari sampingan gue pun tetep perlu modal kuota dan gue tau konsekuensinya. Kuota internet telkomsel mahal. Tapi sinyalnya bagus jadi gue ga komplain.

Hemm for the verdict, gue cuma mau bilang hacking itu ga asik buat yang di hack hehe
Semoga yang ngehack, kalau belum kerja atau kerja tapi gaji ala kadarnya, dapet tawaran kerjaan yaah dari telkomsel mengingat dia berhasil menembus websitenya dan mencari celah-celah. Semoga orang IT telkomsel website manapun termasuk website kantor lama gue, dan website-website bisnis start up juga berhati-hati yah supaya ga kejadian gini. Inget banget dulu instagram kantor lama sama foundernya pernah di hack. Jadi sedih :")

Yaudah yuk kerja lagi!
Jum'at barokah!

3 comments:

  1. lucu juga bisa kena, padahal sekelas telkomsel.

    ReplyDelete
  2. iya sudah baca beritanya tuh, bagus juga sih.

    ReplyDelete
  3. selain itu indosat juga kena, karena yinyir. :D

    ReplyDelete

apa pendapat kalian??