Monday 10 August 2015

Mission accomplished!

Haloo peeps. Apa kabaar?
Kiiw kali ini saya mau share cerita soal menyetir.haha
Just fyi, saya punya sim a dari 4 tahun lalu which is artinya sim a saya expired tahun depan.
Seharusnya, selama 4 tahun kalau rajin nyetir, 4 taun cukup buat bikin saya expert ala pemain fast and furious lagi kebut kebutan.
Tapi apa daya, saya mah apaan. Bukan fast and furious yg ada. Cuma furious. Iyak for both orang yang saya supirin sama orang yg ngeliat saya nyetir ㅋㅋㅋㅋ
Iyaa buat yang saya supirin, buat yang nemu mba mba naik mobil plat D di jakarta (barang kali saya yee kaan) mohon maaf kalo saya sukses bikin kalian furious ._.

Sebenernya, awal dari saya punya sim adalah tuntutan ayah. Yaa saya kasian juga sih ayah nyupir mulu dari ujung ampe ujung sementara yg disupirin tidur gantian bahkan ada yg sampe terngorok-ngorok. I feel bad for him.
Lalu setelah punya sim, saya dikasih pake mobil macam setahun dua kali. Setiap liburan seenggaknya sekali dan itu juga saya yg nyolong nyolong mobil.wakakakak

Sampai akhirnya saya pindah rumah, wew finnaly pindahan juga, jadilah mobil ayah semua ditinggal di rumah karena akhirnya kami punya parkiran yang memadai buat dua mobil. Alhamdulillah...

Nah karena itu lah mobil kunci dan stnk untuk setidaknya salah satu mobil ada di rumah.kiiw
Yang pertama kali saya pake yg manual dan bisa kalian bayangin saya kelamaan gapake mobil lalu dikasih mobilnya yg manual terus parkiran dirumah lebar 6 m untuk 2 mobil, saya ketar ketir.
Tapi parkir pertama di rumah saya bisa dibilang sukses. Cuma lama sih.hahaha

Sebenernya bukan saya gabisa mengendarai, motor semua jenis saya bisa. Kopling, manual, dan matic. Mobil juga manual bisa, matic apa lagi.
Sim juga saya lengkap dan masih valid biarpun sim saya kudu diperpanjang tahun ini. Oh God STNK motor juga dan udah telat T_T
Permasalahan saya ada di jarangnya saya make mobil. Motor mah makanan sehari hari istilahnya.

Nah menyetir kendaraan apapun buat saya adalah masalah niat, kebiasaan, dan seberapa paham kita akan berbagai keadaan.
Niat: seperlu apapun orang untuk bisa nyetir, kalo emang dasarnya gamau nyetir, gaakan bisa nyetir. Jadi kalo kalian ngerasa orang disekitar kalian perlu untuk menyetir tapi merekanya gabisa, ayo meng-encourage mereka supaya mau bisa menyetir...
Kebiasaan: nah ini, waktu awal banget bisa bawa motor, saya masih nekat buat bawa jauh jauh. Belum lagi dulu saya niat banget menaklukkan motor kopling. Semuanya modal nekat... tapi saya rasa modal nekat dan kebiasaan saya bawa motor juga ngebuat saya jadi lebih biasa bawa motor. Gaperlu takut buat bawa motor kemana-mana tapu tetep hati-hati itu perlu. Nah mobil ini yang saya belum bawa mobil. Apa lagi buat mobil, kita perlu membiasakan diri dengan setelan gas, kopling, dan rem.
Nah terakhir, paham keadaan: wak saya bukan mau bahas keadaan jakarta yg macet. Cuma gini, sering kali orang yang gapernah tau rasanya jalan kaki, naik sepeda, naik angkot, motor, mobil sewaan/pinjeman, dan mobil pribadi agak kurang berfikir dengan keperluan pengguna jalan lain.
Sering banget saya nemu keadaan dimana pengguna jalan saling marah dan ga ngerasa salah.
Contoh realnya yah, saya ga maksud loh buat nyindir atau sok sok an tapi semoga ini bisa buat pengguna jalan lebih bijak dalam berkendara dan menggunakan jalan.
Pejalan kaki suka nyebrang seenaknya dan nyebrang sambil lari di jalan raya. Percayalah ketika nyebrang secara tiba-tiba dan langsung lari, pengendara lebih sulit memperkirakan gerakan kalian. Belum lagi yang tau tau keluar dari depan mobil. Banyak kasus kecelakaan yang terjadi gara-gara ini. Makanya saya lebih suka zebra cross dan jembatan penyenrangan. Saya tau ini lebih jauh, tapi kalian dilindungi undang2. Saya kalo ada orang nyebrang sembarangan padahal zebra cross ada di jarak yang relatif dekat, cenderung gamau ngalah. Karena emang yg nyebrang yang salah.
Pengguna motor waini. Saya kalo bawa mobil takut banget sama motor dan truk. Kalian tau kelebihan motor kan? Gampang nyelip! Yep nyelap nyelip dan kadang gasadar kalo mobil dan kendaraan lain yang lebih besar dari motor perlu jarak aman yang artinya jangan dipepet dan please jangan potong jalan seenaknya. Gunakan jalur lambat. Jangan kebiasaan pacaran di tengah jalan lalu kaya gapunya dosa jalan dengan kecepatan lambat.pfft ini ganggu banget! Saya kalo tau sadar ampe melipir bahu jalan atau trotoar karena sadar diri. Kalo temen saya atau siapapun yg bonceng saya begini, mungkin udah saya marahin. Kalo masih gitu juga bisa saya keplak 😂😂😂
Nah pengguna angkot, sadar ga kenapa angkot suka berenti sembarangan? Karena sering kali penumpangnya ngasih tau dadakan atau penumpangnya nyetop si abang angkot di sembarang tempat. Ini yg harus diubah. Indonesia emang gapunya banyak halte, tapi bisa kaan liat2 tempat buat nyetop angkot. Jangan di belokan juga di setopin itu angkot. Kendaraan yang berhenti di belokan adalah pengganggu kelancaran jalan. Jalan kan punya barengan.
Pernah saya ngangkot, kasusnya kaya gini. Lalu mobil lain nglakson. Kalian tau apa yang saya denger?
"Duh itu yang naik mobil mentang-mentang kaya bisa naik mobil pake ac, gapengertian banget sama yang naik angkot. Sabar kek,"
Lalu saya ngebatin, gimana mau maju kalo pemikirannya kaya gini. Padahal kalo penumpang yang mau naik itu nunggu lebih ke depan sedikit ga di belokan, gabakalan di klaksonin dan dia bisa naik lebih santai...
Minjem/nyewa mobil: nah ini. Ketika orang gapernah minjem atau nyewa mobil orang, atau katakanlah kita nyupir tp pake mobil temen, bawaannya kaya abang angkot aja bawa mobil. Seradak seruduk. Nyewa/minjem mobil mungkin perkara gampang. Tapi ada tanggungan lain. Kalo lecet? Kalo kenapa2? Basicly, gunakanlah kendaraan yang kalian gunakan seaman mungkin dan perlu diingat tanpa mengganggu kendaraan lain. Iya kalo seaman2nya biar aman sampe bawa kendaran 20km/jam mah bhay!
Pengguna mobil pribadi: wak ini juga. Orang yang kemana mana naik mobil melulu, jarang pake motor sekalipun bisa, juga kadang gamau ngalah sama ini itu. Gamau ngalah sama motor, gapaham angkot, gapaham pengguna jalan, gapaham abang abang. Bawaannya mereka yang harus didahulukan.

Inilah kenapa saya setuju banget sama quote ini:
"You'll never understand language unless you understand at least two language"
Yang arti secara bahasanya:
"Kita gaakan mengerti bahasa sampai kita seenggaknya mengerti dua bahasa"
Kali saya artikan secara harfiah, yes it is. By understand English, saya lebih paham maksud dari berbagai kata-kata, pamali, maksud orang tua, dan banyak hal. Bukan karena jadi bisa berbagai bahasa, tapi lebih ke paham penggunaan kata-kata biarpun saya masih suka salah salah makenya.hehe
Nah diartikan secara umum tuh kita semacam diajarkan untuk mengerti sesuatu dari setidaknya dua sisi.

Yekaaan?
Makanya ada pepatah, "you have stand on the orther shoes," yang gampangnya, "kita harus bisa melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain."

Heem back to topic yang sesuai judul.
Saya mau share pengalaman nyupir saya selama 3 minggu ini.
Awalnya saya cuma balik balik buaran (rumah baru saya) ke klender (rumah lama saya) karena pindahan. Jadilah kami harus bolak balik ngangkut barang.
Selain itu nganter jemput adek saya. Abis mau nganter ibu kalo naik mobil saya bisa mules mules dijalan gara gara naik mobil kepagian T_T
2 minggu pertama saya naik manual. Selama itu pula saya masih ngerasa kaya, "duh gue bawa mobil gabener banget," like for sure ga bener banget. Bisa, tapi selama itu saya gadapet dapet setelan kopling dan gas yang cocok. Surem biarpun saya tau saya bisa. Patokannya yang penting saya bisa parkir di rumah artinya saya bisa bawa mobil manual :/

Saya sempet berkesimpulan kalo mungkin saya gajodoh sama mobil manual. Tapi saya yakin suatu saat saya bakal menaklukkan itu mobil manual.hahahahahahaha *villainlaugh
Tapi kemudian, waktu tukang reparasi furniture dateng, kakek saya markirin mobil ayah yang manual, kakek saya did it exactly like how i did it. Terus kakek saya bilang mobilnya susah setelannya. Ooh that's it!
Pantesan dulu gue latihan pake avanza tempat les mobil ga susah kaya mobil manual ayah yg sekarang, dulu jg mobil ayah yg dulu ga sesusah skrg :v
Okey berarti saya bisa kalo setelan mobilnya lebih gampang *kayaknya sih gitu*

Minggu selanjutnya saya dikasih yg matic. Begitu bawa matic, saya ngerasa gabego bego amat kok naik mobil.
Saya belanja keperluan adek saya yang mau kuliah ke itc cempaka mas. Sengaja parkir di basement karena saya takut naik tower. Iyaa kalian inget gak sih berita jaman dulu mobil matic dibawa ibu-ibu terjun bebas dari tower parkiraan yang muter-muter gitu? Ini ganggu pikiran saya pake banget. Alhamdulillah trial pertama sukses...

Beberapa hari lalu, saya niatnya mau jait di rumah nenek saya karena mesin jait di rumah somehow gamau jalan. Dan fyi, ini pertama kali saya bawa mobil ke rumah nenek saya di bekasi. Jadi untuk masuk ke rumah nenek saya, saya perlu masuk ke daerah komplek, dan sampe sini saya pernah bawa yang manual, tapi kemudian harus masuk ke jalur kampung yang kecil ._.
Bapak saya aja pernah ketar ketir saya bilang mau ambil mobil di bekasi sampe akhirnya dia nelpon sepupu saya supaya nyupirin saya. Sedih ga tuh jd saya :/
Oh dan buat pertimbangan, mobil saya yg matic itu inova dan yang manual itu rush. Semuanya tergolong lebar.
Terus saya selamat bolak balik ke rumah nenek, tanpa lecet, dan saya bisa parkir.

Pulangnya dr rumah nenek, saya mau ketemu adel. Dimana? Di lotte shopping avenue. Daerah macet yes?
Niat saya parkir di basement. Lalu karena saya bego, saya harus parkir di lantai 8, naik yg tangga ramp puter puter. Nyem mamam luh mi.
Saya banyak banyak dzikir sepanjang naik ramp. Dari lante 3 ke lantai 8 rasanya jauh banget. Tau yang lebih bikin saya takut? Turunnya.
Kalo mikirin dengkul saya lemes. Mana saya lupa kalo turun masukin giginya ke yang mana (saya inget untuk turunan tajam kata ayah pindahin ke L, tapi gayakin. Akhir browsing and yes it is)
Setelah ketemu adel, saya balik dan Alhamdulillah selamat. Rasanya saya mau joget joget hula di tengah jalan tol tapi gamungkin.
Nah pulangnya, saya ga langsung pulang. Saya kudu jemput oki di pondok gede.

Masuk tol saya mulai dari bayar manual sampe pake e-pay semua saya cobain.
Di tol rasanya ceming bawa mobil sendiri, lalu saya kebayang ayah dr bandung sendiri, super ceming. Sabar yaaak pak :/

Masalahnya ga kelar disitu, alih alih keluar jatiwaringin, saya keluar taman mini.
Dari situ ke pondok gede masih lumayan jauh dan super rame!
Challenge accepted...
Jadilah saya menjemput oki di deket giant pondok. Total perjalan 1,5 jam. Kuningan - pondok gede - buaran.
Lama ga tuh saya nyupirnya?

Lalu saya bahas sesuatu sama adek saya, sekalinya saya nyupir seharian jauh jauh gitu. Well, gajauh sih. Tapi gara2 jakarta bekasi macet kaaan yaa jadi jauh rasanya. Di hari itu, kalo manusia sistem rankingnya kayak di game, saya mungking udah naik level seenggaknya 10 level.
Kalo kata adek saya udah naik kelas dari novice ke super novice 😂😂😂😂😂😂
Mungkin kita kebanyakan main game.

Selanjutnya kemarin. Pas acara soft launching moeslema.com di sency. Saya bawa mobil ke sency, macet2an di tol, dan parkir yang tadinya mau di ladies parking area sampe akhirnya parkir di tempat biasa gara-gara ladies parkingnya penuh.
Rute kali ini, runah - sency - tebet - rumah.

Alhamdulillah selamaat dan gapake baret. Alhamdulillah yaa Allah.
Hehe gitu deh peps, sedih juga belum menaklukkan yg manual. Tapi yah pelan pelan aja deh kaya lagu.hehe

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??