Sunday 23 August 2015

Makeup Level: Beginner

Halooo peeeps!!!! Kali ini saya mau ngasih saran soal tips buat yang mau mulai ngoleksi make up atau mulai mau belajar pake makeup. Kalo saya liat-liat, entah gimana ceritanya, make up saya banyak banget kalo dibandingin dengan temen-temen satu angkatan. Bahkan lebih banyak dari ibu.rrr
Pada dasarnya, make up yang saya beli umur hidupnya lumayan panjang. Terutama yg macam eyeshadow, blush on, dan pewarna-pewarna seperti ini. Lipstick pun relatif berumur panjang...
Jadi ceritanya kenapa bisa banyak gitu, itu tuh saya nyicil, terus jarang dipake, terus numpuk ._.
Naaah buat yang mau belajar pake make up, saya mau share sedikit tentang tahapan penggunaan make up. Ini dari pengalaman saya sih yah. Soalnya saya juga sering ditanya temen, jadi besok besok kalo ada yang nanya saya bakalan bilang, “iya ada di blog gue yang blogspot, mampir deh...” seperti itu (dasar banci promo).

Tahapan pertama, mulai dari yang basic.
Nah buat pertama kali pake make up saya mulai dari punya bedak sendiri (yaaas bedak khusus muka, bukan bedak bayi atau bedak buat badan apalagi bedak kelek T_T) dan Lipbalm yang ada warna.


Tips dari saya untuk bedak, pilih yang sesuai jenis muka. Kalo emang berminyak, bedak tabur is a good way to go! Tapi ada juga loh bedak padat yang cocok banget waktu saya mukanya masih berminyak. Sebut merek yah, Wardah twc, Maybeline Clearsmooth, sama Garnier. Entah gimana semua bentuknya bundar seperti topi saya waktu kecil :”)
Nah lipbalm berwarna sendiri, saya dulu punya dua. Warna merah dan pink. Jadi makenya tergantung mood sih yah. Mau yang soft, saya pake yang pink. Kalo perlu yang agak “hits” sedikit, saya pake yang merah. Walhasil, yang merah masih ada sampe sekarang padahal yang pink udah abis dua...

Tahapan kedua, lipstick! Yees lipstick, mulailah dengan lipstick middle class. Dengan begitu kalian tau apa bedanya lipstick 50k dan 500k. Tapi so far saya pake yang dibawah 200k, setengahnya 500k sudah happy kok dengan hasilnya. Mulailah dengan tekstur yang lembut, jangan buru-buru mau yang matte karena ini tricky banget T_T

Produk yang saya suka Wet n’ Wild Mega Last Lipstick dan Maybelline color sensational. They sure worthed to try.
Oh dan usahakan kalian bener-bener nyobain di bibir kalian kalo beli lipstick. Kenapa? Supaya kalian tau kalo warnanya cocok atau engga. For sure, buat tau warna apa yang cocok sama kita perlu waktu. Jadi pilih warna yang kalem aja dulu. Kalo menurut saya, istilahnya pilihlah warna anak baik-baik. Jangan tiba-tiba pilih warna ungu, merah gonjreng, dan lebih shocking-nya lagi, hitam.

Tahapan ketiga, to the eyes. Iyeep saya mulai merambah dunia pewarnaan mata. Saya mulai beli eyeshadow dan eyeliner.

Saran dari saya, mulai dengan palate paling sederhana. Nude and earthy color are super welcome untuk memulai. Saya prefer untuk warna matte. Kalo warna pallet yang saya sarankan itu warna palet dari Naked series (iya saya tau ini mahal banget) atau bisa liat paletnya wardah. Ada beberapa pallet dengan warna netral. Tapi seinget saya sih, eyeshadow palletnya wardah rata-rata jenisnnya simmer, bukan matte. Nah triknya kalo mau cari yang matte, cek blush onnya wardah. They are sure such a neutral color.
Untuk eyeliner, saya suka produknya Maybeline Hypersharp Liner, Sari Ayu (ini yang double packaging bareng mascara), dan Just Miss. Mereka smudge proof, water proof, dan entah lah saya suka.haha Tapi kalo buat eyeliner pertama, saya nyaranin beli yang sari ayu. Mereka gampang banget dibersihin biarpun tergolong water proof dan yep, kalian gaperlu repot-repot beli mascara...

Tahapan keempat, nah di tahap ini ada dua pilihan tergantung apa yang kalian perlu.
Pilihan pertama, kalo kalian ngerasa kalian perlu sesuatu untuk mendempul muka (baca: make up base), mulai lah dengan bb cream.
Pilihan kedua, kalo kalian ngerasa kalian perlu membentuk alis agar kalian terlihat seperti cewe strong, mulailah merambah dunia per-alis-an. Mulaiah dengan warna coklat tua. Black sometimes are to bold, tapi kalo suka gapapa feel free, that’s yours ;)

Tahapan ke lima, feel free to explore! Kalo kalian ngerasa kalian perlu contouring, silahkan. Kalo kalian mau nyobain warna bolder, silahkan. Mau mulai koleksi kuas juga silahkan :)

I do strongly recommended matte neutral pallete come first. Kenapa? Dengan warna-warna yang cenderung netral, sebutlah coklat dkk dan soft pink, kalian bisa dapetin banyak hal sekaligus. Eyeshadow, blush on (yang bener-bener keliatannya kalian tuh tersipu-sipu), pewarna alis, dan juga konturing itu sendiri.

Brand make up yang saya saranin dan bener-bener saya saranin itu Maybelline, Wardah, Lt Pro, dan Make Over. Easy to blend, pigmented (well, most of them. Or atleast they are buildable color), dan stay on! Sebenernya kalo kalian mau cari-cari, banyak kok merek lokal yang bagus dan murah. Tinggal gimana pilih-pilihnya aja.

Tips lainnya, kalo kalian udah mulai punya banyak make up, suka make up, terus aja ditekunin. Gaada yang tau kedepannya gimana. Barang kali kalian bisa jadi MUA kan???
Terus, kalo kalian lagi coba-coba terus ngerasa hasilnya aneh, bisa baca posting saya disini barang kali ngebantu. Nah teruslah mencoba sampe kalian puas seenggaknya sama riasan muka kalian di muka kalian sendiri.
Nah soal kuas, bakalan saya bahas di posting selanjutnya, Insyaallah :D

Terus saya lupa soal pelembab.lol

Kaaknya saya mulai pake pelembab setelah tahap ke lima, soalnya dulu muka saya berminyak, jadi saya ga ngerasa perlu pelembab. Cuma kalo saya saranin, pelembab sih masuk tahap petama aja. Jadi tahap pertama, pelembab, bedak dan lipbalm!

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??