Wednesday, 5 March 2014

satu bulan di negara orang

oke sebut gue agak songong, satu tahun sibuk (beneran loh ini, bukan sok sibuk) kuliah sambil merandom dan nyaris melupakan blog... tau tau gue udah nyasar di negara antah berantah.
mari kita perjelas, postingan kali ini berisi tentang kabar gue, dimana gue, ngapain gue disini, gimana caranya gue kesini, dan serba serbi disini.

mari berbasa-basi,
gimana kabar lo dian kurnia utami?
after all those silly mistake that i did, Alhamdulillah i'm still in a super good mood, super good condition, and still has some (quite some) money with me.

gimana kabar negara yg lo kunjungi sekarang? eropa kan?
yep gue di eropa, somewhere in easter part of europe. Bucharest, Romania.
maret, awal peralihan musim dingin, ke musim semi. sekarang udah mulai ujan. Alhamdulillah ujan disini gak kaya di jakarta atau daerah di Indonesia yang ngegeber pisan...
I'm okay without the umbrella, at least until now. cuma ya itu, tenggorokan gue udah sakit :(

surat kecil untuk Allah: Ya Allah, bilang ke ujan kalo saya kangen sama matahari. jangan sampe karena saya terlalu kangen sama matahari sampe sampe anak kembar tiga saya arti namanya matahari... tapi bilangin ke ujan juga, kalo matahari mau muncul tolong jangan telanjang. suruh pake baju gitu biar gapanas panas amat. Terma kasih buat nikmatnya di awal tahun ya Allah. Semoga ini tahun paling berkah selama 22 tahun :D

waktunya mulai serius,

udah berapa lama disana? terus ngapain aja disana?
hihihi udah 33 hari gue di sini. gaberasa, apalagi di awal awal sampe. huanjir waktu muternya cepet abis ._.
oke, seminggu pertama gue ada training. jadi bolak balik rumah ke head quarter (sebut aja kantor adalah head quarter).
minggu selanjutnya, gue seharusnya ada di public school a.k.a. sekolah negri, tapi entah gimana ceritanya i ended up have no classes for the whole week. makin merandom lah gue disini...
minggu kedua, another public school, which means ended up have no classes. makin makin merandom.
bahkan gue aja lupa gue ngapain...
minggu berikutnya dan minggu ini, gue mulai ngajar.hehe

ngajar apa neng?
heem, gue ngajar ekologi di sekolah sekolah yang gue datengin.
make bahasa romania?
i wish.haha sayang sekali gue make bahasa inggris.
bahasa inggris lo bagus dong?
bwahahaha bulepotaan meeeen. tapi tenang aja, disini gue gaketemu native, tapi maap maap aje ni yee indolish (indonesia-english) nya sering banget keluar.
ada sih murid bilang pengucapan gue gampang dimengerti, tapi kalo dipikir pikir, mungkin gue nyentuh standar aja kagak. mereka anak yang terlalu baik...

udah jalan-jalan?
yeep i did :D
gue udah jalan-jalan ke sebagian tempat di romania, 2 kota lain sisanya di ibukota. Bucharest.
foto bisa di update di ig kali yah, nanti di link ke fb :D

culture shock
ini yang paling common, apa lagi dari beda kontingen yah. asia yang jauh dari eropa, ke eropa ._.
asia sama asia aja suka ngerasa culture shock. gimana ini???
OF COURSE PEOPLE!!!!
ini adalah dua kalimat paling mencengangkan seumur hidup gue,
1. I wanted to hug you!
2. I can't kiss you?

ini gue denger dari cowo loh, bukan cewe. gue cuma bisa planga plongo. kalian tolong bayangin sendiri.
disini struggle banget kalo ketemu orang. mereka bawaannya mau meluk meluk bae ._.

here is some explanation guys,
first, sorry i couldn't. i'm not allowed except you are my husband or my family. it is a religion things.
second, even if i am allowed, it is not a custom habit in Indonesia. well except you are an artist or someone who has a glamorous life.
third, even if i am allowed, it is a may that i don't wanted to.
sorry :(
i hope that you understand...
for anymore question feel free to ask, i am used to it even before came to Romania for sure :)

hal lain soal culture schock, ini lebih ke mereka yang kaget yah, bukan gue.
mereka gatau sholat itu apa. wajar sih, tapi agak aneh kalo buat gue.
segitunya kah?
disini gue bersyukur gue adalah anak indonesia (dan gue harap siapapun dan dari darah apapun bapaknya anak gue, anak-anak gue bangga jadi orang indonesia), di indonesia lo bisa tau banyak hal dan ngerasain banyak hal.
beraneka ragam buah yang gasemua negara punya, dan indahnya perbedaan kepercayaan.
proud to be indonesianya kita sambung nanti di postingan lain ;)

another common question,
kok elu bisa nyangsang disana?
jadi gue diwadahi sama suatu organisasi mahasiswa dunia namanya AIESEC.
ada dua program, elu kerja dan dibayar tapi kerja minimum 3 bulan yang notabene gue gamungkin ngelakuin karena masih kuliah atau lo jadi volunteer (kadang dibayar, kadang enggak) yang cuma perlu paling lama 2 bulan.
gue ambil yang jadi volunteer dengan kontrak 7 minggu.
jadi lah gue bakalan punya 7 minggu disini, cuma ya itu gue cabut kuliah sebulan.hahaha i don't really care karena percaya atau enggak, kesempatan yang sama gadateng dua kali.
kalo kesempatan lain yang menyerupai sih mungkin, taapi gamungkin bener-bener sama.

ceritanya tuh, gue mahasiswa buta aiesec saking kudetnya.
sampe september apa oktober taun lalu gitu, si adel ngajak gue ke kampus pusat.
karena gue masih (ngerasa) gapunya kerjaan akhirnya gue mengiyakan.
di jalan gue dijelasin adel tuh sbnernya mau ngapain siiih jauh jauh ke kampus pusat. bukan ngegaul lagi.
naah jadiiii ceritanya, adel mau ngambil formulir pertukaran pelajar. cuma pertukaran pelajarnya ini macam kkn. gue yang ngerasa gapunya kerjaan, akhirnya ikutan. (latah lu mi!)
pas ngambil formulir yang harganya 10rb, gue dijelasin kalo abis ini ada tes wawancara dan baar 100rb. biaya pertukaran pelajarnya juga dari kantong (orang tua) sendiri.
karena gue ngerasa gapunya kerjaan dan lagi ada duit, jadilah gue cus dan karena beberapa pertimbangan adel gajadi ikut.
setelah tes wawancara gue baru laporan ke ayah ibu.
ayah mah setuju setuju aja. kebetulan, oki ikutan tes pertukaran pelajar ke amerika, cuma pas wawancara dia gak lolos sementara ayah udah keburu nyiapin duit buat oki staun di amerika.
kata jahatnya, gue makan jatah adek sendiri. maaf ya ki, cuma seriusan deh ini bukannya gimana-gimana, waktunya aja yang entah gimana ceritanya pas...
terus gak lama dari hari ulang tahun gue, gue dikasih pengumuman kalo gue keterima di salah satu project yang ada di romania.

gimana prosedurnya?
berhubung aiesec unsoed baru dua tahun dan yang tau itu sedikit sekali, maka peminatnya jg sedikit.
jadi tesnya rada gampang...
beli formulir 10rb >>>> wawancara >>>> lolos bayar 1,5jt ke aiesec >>>> pilih project via website >>>> wawancara via skype >>>> diterima, bayar lagi 850rb ke aiesec >>>> urus dokumen perjalan >>>> cus!

catatan: tiap tempat pasti beda prosedur awalnya, tapi biasanya kalo udah lolos seleksi dari aiesec local committee mah sama. *tapi gatau kalo masalah uangnya...

indonesian people
banyak orang indonesia gak disana?
gabanyak, cuma sedikit. tapi disini gue ketemu dubesnya. jadi ceritanya ayah cerita ke om adi, trus entah gimana om adi menyarankan ke romania aja karena dubesnya temen om adi.
ayah makin seneng yaa di romania ada yang bisa dimintain tolong ._.
kedubes indonesia disini paling seru kayaknya dibanding kedubes di negara lain.
om diar sama istrinya, tante dina kece abis.haha
sama sih kaya ibu sama ayah kalo lagi bercanda. cuma tuker posisi yaah. koplak --,
serumah isinya orang seru pake banget.
dibanding sama teammate lainnya, gue paling beruntung.haha ada acara kedubesnya sigap bantuin. for suuureee ini kce abis... bahkan susah dijelaskan dengan kata-kata deh serunya...
ngiri? penasaran? ke romania sinih makanya ngerasain!

sekarang, jadilah gue sekarang di suatu hostel, disni