Tuesday 15 May 2012

ketidakbebasan finansial? oh no!

sebagai anak kos, adalah sangat mungkin ketika kita punya ketidak bebasan financial.
kenapa? ya wajar, anak kos, uang terbatas, keperluan setumpuk. right?

mari kita menyamakan persepsi soal kebebasan finansial disini...

Kebebasan finansial seringkali didefenisikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak perlu bekerja lagi namun masih bisa tetap menerima penghasilan yang cukup untuk menghidupinya. Sehingga walaupun ia bekerja, bukan lagi karena mengharapkan uang namun memang untuk kesenangan.Sejalan dengan poin terakhir tadi, namun lebih berorientasi ketuhanan. Saya sendiri mendefinisikan kebebasan finansial sebagai suatu keadaan dimana seseorang menempatkan harta di tangannya, namun tidak di hatinya.

nah buat gue sih kurang lebih ya kebebasan finansial tuh uang yang kita dapet itu sangatlah lebih dr cukup untuk di syukuri. jd kebutuhan terpenuhi, seneng seneng oke, dan bisa nabung. seneng seneng disini ga gue artikan sebagai hura-hura. pas pasan lah. pas pengen jalan ada, pas pengen baju baru ada, dan semacamnya.

terus ketika kebebasan finansial itu terbatas buat anak kos adalah normal, kenapa justru gue panik?
pertama, tolong dicatat dan dipahami yg gue rasain sekarang tuh bukan dikarenakan uang gue terbatas.
gue punya tabungan yg lebih dr cukup buat gue bertahan selama sebulan di kosan kok.
masalahnya gue merasakan ketidakbebasan finansial karena kebijakan dua bank yg bener bener arrgh banget.

gue punya tabungan dr orang tua yg kebetulan sengaja gue kosongin, sebagian buat ade gue buka catetan, sebagian buat tabungan yg lain, dan sebagian udah dipake buat nyetok kebutuhan selama sebulan.
nyetok barang adalah kebiasaan gue setiap awal bulan.bisa dibilang expenses terbesar gue ya awal bulan, bayar modem, pulsa, dll deh. supaya gue tenang di akhir bulan...
kemudian duit akhir bulan itu ada aja sisa, cuma ya gitu seringkali gue pake buat beli sesuatu.haha
kebiasaan lain gue yaitu ngambil uang kalo duit di dompet itu teles a.k.a abis bis bis. bahkan kalo masi ada duarebu kadang aja gue belom mau ambil.ck

masalah muncul ketika gue sadar dan udah ngitung isi dompet itu pasti kurang.
berhubung ceritanya gue mau ke kota, jadilah gue niat ngambill di teller bank karena gue gapunya kartu atmnya. kartu atm yang ada ya itu, yg kosong itu!
hollycownya itu ketika masnya bilang gue gabisa ngambil kalo gapunya atm. WTF

tadinya sih gue anteng anteng aja dengan anggapan gue bisa tahan ko seminggu dengan sisa uang yg nyaris tinggal 20 rb. bensin penuh, makanan banyak.
ternyata gue kudu ambil uang karena ini itu ini itu.
jadilah gue curhat ke ade gue dan kebetulan hari ini emang ade gue ada janji sama orang bank buat ambil atm dia.

masalah selesai dong? iya pengennya
loh?
ya bayangin yaah pas dia k bank minta atmnya, katanya gabisa d ambil dan gabisa nabung atau transfer via teller karena gue yang tanda tangan dibukunya. kata kepala cabang semestinya ade gue yg ttd...
padahal gue disuruh customer care yg ttd
kan ngajak ribuuuuuuuuut...
terus kekeh gitu si kepala cabangnya inih. kekeh !!
jadilah ade gue ini gabisa balikin uang.
benerkan gue punya uang pun gabisa gue ambil, liat sama nyentuh aja gabisa.ck

diskusi sama ibu, ayah yg bakal ngirim uang k gue. kata ibu ayah udah ngirim td siang. gue sempet2in tuh yaa ke atm yang jauh itu.
ternyataa...
uangnya gamasuk!
telpon bapake dia rapat
yaudah selametan aja gue.

jadilah gue merasa percuma sepercuma percumanya punya uang...
jadi apa namanya kalo gue gapunya kebebasan finansial?

No comments:

Post a Comment

apa pendapat kalian??